Home » Jawa Tengah » Pantai Suwuk, Wisata Pesawat Terbang di Tepi Pantai

Pantai Suwuk, Wisata Pesawat Terbang di Tepi Pantai

Pantai Suwuk Kebumen – Pantai berpasir hitam yang menjulur panjang ini, kini layak menjadi salah satu pilihan anda untuk berwisata dengan teman dekat maupun bersama keluarga. Nampaknya Pantai Petahanan pun saat ini telah kalah tenar oleh Pantai Suwuk ini. Pantai yang terletak di kawasan desa wisata Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen ini semakin ramai pengunjung dengan berbagai wahana yang dikelola oleh Dinas Pariwisata setempat.

Selain rute yang dilalui cukup mudah, kita juga hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Pantai Suwuk dari arah kota Kebumen. Sedangkan jika dari arah Gombong sekitar 45 menit saja. Rute dari arah Kebumen adalah lewat Soka baru-Klirong-Petanahan, dari pasar Petanahan jalan ke arah barat lurus melalui satu jalur hingga di sampai di Desa Suwuk.

 

Wisata Pantai Suwuk ini berseberangan dengan Pantai Karangbolong, sehingga jika kita berada di Pantai Suwuk dan ingin ke Pantai Karangbolong, kita hanya perlu menyebrang dengan perahu yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Hanya membutuhkan waktu 5 menit saja untuk sampai di Pantai Karangbolong. Selain itu, warung-warung yang dulunya berjejer tidak teratur telah disulap menjadi warung pinggir pantai yang nyaman untuk disinggahi. Ada puluhan warung di tepi pantai Suwuk yang menyajikan makanan khas pantai yang pastinya akan menggoda lidah para wisatawan untuk mencicipinya. Seperti bakso, mie ayam, aneka makanan seafood, aneka kripik, dan yang paling khas adalah pecel lontong dan mendoan yang sangat pas dinikmati saat siang hari.

Hamparan pasir hitam yang luas serta gambaran pegunungan yang menjulang dari arah barat pantai menambah decak kagum wisatawan atas keindahan Pantai Suwuk, terutama saat matahari hendak kembali ke peraduannya. Disinilah moment yang paling tepat untuk menjepret keindahan pantai Suwuk yang sesungguhnya. Keindahan cahaya sunset yang terbentang di atas pegunungan dan memantulkan cahayanya ke hamparan air laut yang begitu luas, seolah menandakan jika alam ini begitu indah.

Berbagai fasilitas pun telah disiapkan untuk menunjang para wisatawan. Kita dapat berjalan menyusuri bibir pantai dengan menunggangi kuda atau motor APV. Adapula Gowes Gowes, yaitu semacam sepeda ontel namun dengan kapasitas penumpang 4-6 orang, yang diperindah dengan lampu warna warni agar menarik wisatawan. Selain itu juga terdapat kebun binatang yang terletak di sebelah barat. Meskipun saat ini jumlah koleksi binatangnya belum terlalu banyak, suatu saat kita harapkan untuk wisata yang satu ini dapat dikembangkan, sehingga Pantai Suwuk ini selain sebagai area rekreasi juga sebagai sarana untuk belajar dari keberadaan berbagai binatang koleksi dari kebun binatang tersebut. Pada saat-saat tertentu seperti saat hari raya, pantai Suwuk ini bahkan tetap ramai sampai malam hari.

Tak kalah menariknya, yang menjadi icon keberadaan pantai Suwuk adalah pesawat terbang yang berada di tepi pantai. Moncong pesawat yang mengarah ke arah laut lepas seolah menandakan kegagahan Boeing 737-200 ini. Pesawat ini tidak hendak diterbangkan ke arah selatan, namun keberadaannya adalah untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Suwuk. Isi di dalam pesawat itu sendiri boleh dikatakan sebagai bioskop, karena didalamnya kita akan menikmati film 3D yang diputar dengan layar lebar. Berbagai film menarik telah disediakan. Sedangkan dibawah pesawat adalah kolam bermain untuk anak-anak. Maka tak salah jika Pantai Suwuk menjadi alternative wisata untuk keluarga anda.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*