Home » Jawa Barat » Bogor » Taman Safari Indonesia, Tempat Wisata di Bogor yang Mempesona

Taman Safari Indonesia, Tempat Wisata di Bogor yang Mempesona

Kuda Zebra
Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat – Terdapat berbagai tempat wisata di Bogor yang wajib anda kunjungi ketika anda menyinggahi kota dengan curah hujan tertinggi di Indonesia tersebut. Salah satu tempat wisata yang bisa menjadi pilihan anda ketika bersinggah di Bogor adalah Taman Safari Indonesia. Taman Safari Indonesia sendiri memiliki dua tempat, yang pertama terdapat di Cisarua Bogor dan yang satunya terdapat di Pasuruan. Taman Safari Indonesia 1 sendiri berada di kaki gunung Pangrango pada ketinggian 900-1800 meter diatas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut anda akan merasakan suhu rata-rata sekitar 24-18 derajat celcius. Taman Safari Indonesia sendiri berusaha untuk membuat tempat penangkaran serta pengembangbiakan berbagai jenis binatang langka dengan membuatnya senatural mungkin agar para binatang merasa aman serta nyaman.

Pemerintah membuat Taman Safari Cisarua terlihat senatural mungkin dengan menghilangkan pagar pembatas antara pengunjung dengan binatang yang terdapat disana. Hal tersebut membuat anda dapat berinteraksi secara langsung dengan beberapa binatang. Namun anda harus tetap waspada ketika mengitari Taman Safari tersebut mengingat untuk beberapa jenis satwa buas seperti Macan, Singa serta berbagai satwa buas lainnya juga dibiarkan bebas tanpa ada pembatas. Tempat wisata di Bogor Taman Safari juga dikenal sebagai tempat penitipan berbagai jenis satwa dari berbagai instansi yang berhubungan dengan perlindungan satwa seperti PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam). Hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak, selain membantu untuk pelestarian satwa yang hamper punah juga berguna untuk memperbanyak koleksi satwa yang ada.

Taman Safari Cisarua Bogor sendiri memiliki koleksi satwa sebanyak kurang lebih 2500 ekordari 200 jenis satwa yang ada di Indonesia maupun belahan dunia lain. Dari keseluruhan satwa yang ada, separuhnya merupakan kelahiran asli di Taman Safari itu sendiri, sedangkan sisanya diisi dengan satwa titipan dari berbagai instansi yang berhubungan dengan satwa. Letaknya yang berada di daerah puncak Bogor menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata di Bogor best vacation disana. Anda dapat belajar banyak mengenai berbagai jenis satwa yang berasal dari Asia maupun lima benua lain di dunia.

Untuk akses menuju salah satu tempat wisata di Bogor tersebut anda bisa menggunakan mobil pribadi yang memakan waktu sekitar 2 jam dari Jakarta (80 km) dan 3 jam dari Bandung (78 km). Bagi anda yang ingin kesana menggunakan kendaraan umum dari Jakarta maupun Bandung bisa berhenti di Cibeureum Cisarua kemudian dilanjutkan menggunakan angkot atau ojek dengan estimasi waktu sekitar 15 menit menuju Taman Safari Cisarua. Taman Safari itu sendiri pertama kali dibuka pada tahun 1986 dengan satwa hanya berjumlah 250 dari 100 jenis satwa yang ada. Disan juga terdapat pertunjukkan wild-wild west yang menyuguhkan pertunjukkan ala koboi dengan beberapa jenis satwa sebagai pemanis pertunjukkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*