Home » Yogyakarta » Gunung Kidul » Sungai bawah tanah dengan panorama yang menakjubkan Goa pindul objek wisata gunungkidul

Sungai bawah tanah dengan panorama yang menakjubkan Goa pindul objek wisata gunungkidul

Goa Pindul merupakan objek wisata di Gunungkidul yang merupakan salah satu kabupaten di provinsi DIY sehingga dengan begitu maka Goa Pindul ini merupakan salah satu Objek Wisata di Yogyakarta, Goa Pindul ini memiliki keistimewaan dari pada Objek wisata Goa lainya yaitu bahwa goa ini merupakan  sungai bawah tanah. Memang mayoritas goa memiliki sungai bawah tanah namun kebanyakan pengujung objek wisata goa memasuki goa dengan berjalan kaki, namun di Goa Pindul ini wisatawan yang masuk goa harus menggunakan pelampung.  Karena penyelusuran goa Pindul ini sekaligus menyelusuri sungai bawah tanah.

Lokasi wisata Goa Pindul ini terletak di Dusun Gelaran desa Bejiharjo. Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul, tepatnya terletak di sebelah utara kota Wonosari. Untuk kondisi jalan menuju Goa Pindul semuanya sudah bagus kecuali jalan utama menuju goa jalan ini sudah banyak yang rusak. Objek wisata Goa Pindul ini sebenarnya merupakan objek wisata baru dan diresmikan pada tanggal 10 Oktober 2010 oleh Bupati Gunungkidul pada saat itu. Namun karena tempat wisata ini merupakan tempat yang sangat indah maka tidak heran meskipun baru dibuka 14 tahun yang lalu tapi pengunjung tempat ini sangat banyak bahkan sering sekali terlihat banyak wisatawan asing yang berkunjung ketempat wisata ini.

Tempat Wisata Terindah di Yogyakarta

Keindahan sungai bawah tanah di Goa Pindul. Sumber Gambar: www.google.co.id

Sebagaimana umumnya beberapa tempat wisata di Pulau Jawa maka akan selalu kental dengan yang namanya kisah legenda. Begitu juga dengan tempat pariwisata ini, nama Goa Pindul ini diambil dari kisah perjalanan seorang Abdi Panembahan Sinipati yaitu ki Juru Martani dan ki Ageng Pemanahan pada saat itu kedua Abdi tersebut mempuyai tugas untuk membunuh seorang bayi yang dilahirkan oleh putrinya. Namun kedua abdi tersebut merasa tidak tega untuk membunuh bayi yang tidak berdosa itu maka keduanyapun sepakat untuk tidak membunuhnya. Dan mereka akhirnya pergi sampai didaerah Karangmojo.

Di daerah Karangmojo mereka berdua menggelar tikar dan alas tempat tidur yang sebelumnya digunakan untuk alas persalinan bayi tersebut. Di tempat itulah mereka mengubur tikarnya dan sampai saat ini tempat itu dinamakan dengan Dusun Gelaran,ketika hendak memandikan bayi maka ki Juru Martani menginjakkan kakinya di salah satu bukit di tanah tersebut dan karena kesaktian yang dimilikinya maka berlubanglah tanah tersebut menjadi sebuah goa sehingga dari atas terlihat ada sungai bawah tanah. Merekapun turun dan pada saat mau memandikan pipi dari bayi tersebut terbentur batu dalam bahasa Jawa disebut Kebendhul watu, sejak saat itu Goa tersebut dinamakan Goa Pindul

Untuk memasuki dan menyelusuri goa Pindul maka wisatawan harus dipandu oleh pemandu, sehingga sebelum masuk ketempat wisata tersebut pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu hal ini bertujuan untuk menentukan siapa pemandu yang akan bertugas, perlengkapan juga harus dipersiapkan antara lain ban karet, pelampung, sepatu, dan lampu dikepala, semua perlengkapan itu harus ada, karena itu demi menjamin keselamatan anda. Semakin masuk kedalam goa maka suasana akan semakin gelap nah disitulah fungsi lampu yang berada di kepala, selama perjalanan pemandu akan menjelaskan beberapa hal terkait dengan Goa Pindul, didalam goa anda akan melihat berbagai macam pemandangan alam yang indah, didalam terdapat berbagi macam bentuk stalaktit yang sangat mempesona, bahkan ada satu stalaktit yang masuk sebagai peringkat 4 dunia, stalaktit ini merupakan stalaktit yang panjang ujungnya masuk kedalam sungai hingga menutupi sebagian rongga goa. Selain itu ada pula stalaktit yang bentuknya mirip tirai dan masih banyak bentuk yang lainnya.

Harga dari paket wisata ini sebesar Rp.30.000 per orang dan minimal 2 orang, dengan harga tersebut,  sudah termasuk sewa semua peralatan keselamatan dan pemandu, selain itu anda juga mendapatkan semangkok bakso dan teh Rosella. Wao….. !

Kalau anda akan berkunjung ke goa Pindul menggunakan kendaraan pribadi rutenya sebagai berikut : dari Yogyakarta menuju arah Wonosari melewati Piyungan, sesampainya di Bunderan Siyono belok kanan hingga ringroad wonosari dan ikuti petunjuk yang ada.  Namun jika mengunakan angkutan umum maka dari Yogyakarya naiklah jurusan Wonosari turun di perempatan grogol, dari situ anda dapat mengunakan ojek atau angkutan umum menuju Dusun Bejiharjo.

Demikian sekilas tentang Objek Wisata Goa Pindu, salah satu tempat wisata terindah di Yogyakarta, yang sangat mempesona. Mudah-mudahan informasi  ini bisa bermanfaat dan Anda menemukan informasi yang Anda cari. Sebelumnya kami telah membuat artikel tentang Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Objek wisata di Yogyakarta yang memiliki berbagai macam hiburan dan Museum. Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*