Home » Jawa Tengah » Banjanegara » Suasana Alam Menakjubkan di Kawasan Dieng

Suasana Alam Menakjubkan di Kawasan Dieng

Bagi orang-orang yang selalu menghabiskan waktu di kota besar atau yang menetap di sana. Sesekali Anda bisa menikmati wisata alam yang bisa membuat pikiran Anda lebih tenang. Berwisata di daerah pegunungan atau dataran tinggi memang merupakan salah satu alternatif liburan bagi Anda. Dengan wisata alam, Anda juga akan lebih mengenal bagaimana kayanya Indonesia ini. Salah satu wisata alam yang sangat menakjubkan ialah Dieng. Dieng merupakan kawasan dataran tinggi di daerah Jawa Tengah, termasuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya di sebelah barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng mempunyai kawah besar dengan suhu yang lumayan tinggi.  Di sana bukan hanya terdapat kawah yang besar tersebut, tetapi juga banyak sekali wisata terindah di Dieng yang wajib Anda kunjungi untuk melengkapi wisata Anda.

Dataran tinggi Dieng merupakan komplek wisata yang mempunyai beberapa wisata indah, sehingga Anda juga bisa menikmati banyak wisata di sana yang berkaitan dengan alam pegunungan. Karena banyaknya tempat wisata di Dieng membuat lokasi ini disebut sebagai komplek wisata Dieng. Di Dieng ada sekitar 20 tempat wisata, candi, dan kawah. Jumlah ini bisa dibilang cukup besar, karena lokasi yang tidak besar dan berada di dataran tinggi dapat mencakup sekitar 20 tempat wisata. Memang dari banyaknya tempat wisata tersebut yang paling terkenal yaitu dari kawahnya. Kawahnya juga berjumlah lebih dari satu. Untuk telaganya sendiri yang menjadi daya tarik yaitu telaga warna. Telaga ini dinamakan telaga warna karena telaga tersebut bisa berganti warna.

Wisata Alam Kawasan Dieng

Telaga Warna
Pic: commons.wikimedia.org

Fenomena telaga yang bisa berubah warna merupakan fenomena alam yang menjadi daya tarik para turis untuk lebih dalam mengetahui fenomena tersebut. Telaga ini menjadi salah satu wisata terindah di Dieng. Warnanya yang bukan hanya satu warna, tetapi seperti warna pelangi membuat mata langsung tertuju di telaga warna ini. Selain telaga warna, Anda juga bisa menikmati Kawah Sikidang. Kawah ini merupakan kawah yang memiliki semburan kawah yang berpindah-pindah. Semburan kawah ini merupakan belerang, sehingga ketika Anda berada di kawah tersebut, sebaiknya memakai masker, karena aroma belerang sangat kuat. Di Kawah Sikidang juga terdapat patung kuda yang bisa Anda ajak berfoto.

Selain kawah-kawah yang bisa Anda nikmati di sana, Anda juga bisa menikmati Bukit Sikunir. Dari namanya saja mungkin masih jarang terdengar, tetapi bukit ini bisa membuat Anda terkagum-kagum karena bisa melihat lima gunung sekaligus. Tempat wisata terindah Dieng ini memang letaknya agak jauh dari lokasi utama Dieng. Namun, keindahannya juga jangan diragukan. Dengan pengunjungan Anda di pagi hari Anda juga akan melihat sunset golden yang sangat istmewa. Selain wisata alam yang bisa Anda nikmati. Anda juga bisa mengetahui bagaimana cerita Jawa Kuno yang akan ditampilkan dalam film dokumenter di Museum Kaliasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*