Home » Jakarta » Setu Babakan, Wisata Panorama Alam dan Cagar Budaya Betawi

Setu Babakan, Wisata Panorama Alam dan Cagar Budaya Betawi

Ingatkah anda dengan film Si Doel Anak Betawi yang terkenal di tahun 90an? Ya, film ini menceritakan tentang kehidupan masyarakat betawi pada era tersebut. Tapi tahukah anda dimana salah satu lokasi syuting film tersebut diambil?

Setu Babakan merupakan salah satu lokasi syuting tersebut dibuat. Setu Babakan atau bisa disebut Danau Babakan berlokasi di Kelurahan Serengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, berbatasan dengan kota Depok. Situ atau setu Babakan merupakan danau buatan dengan area 32 hektar, dan sumber airnya berasal dari sungai Ciliwung. Setu Babakan merupakan salah satu tempat wisata terindah di daerah Betawi dan difungsikan sebagai Cagar kebudayaan Betawi yang diresmikan pada tahun 2004 oleh Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, pada waktu itu.

Setu Babakan: Wisata Panorama Alam dan Cagar Budaya Betawi

Sumber Pic : https://www.flickr.com

Jika anda berkunjung ke sana, anda akan melihat pemandangan yang asri. Selain itu, anda juga bisa melihat kebudayaan Betawi, seperti rumah adat Betawi. Anda juga dapat melihat kesenian Betawi seperti tari cokek, tari topeng, kasidah, marawis, seni gambus, lenong, tanjidor, gambang kromong, dan ondel-ondel. Anda akan menjumpai warung-warung di sepanjang jalan yang menjajakan makanan khas Betawi, seperti selendang mayang, kerak telor, gado-gado, nasi uduk, dan lain sebagainya. Anda juga akan menemukan jajanan-jajanan tradisonal di warung-warung yang anda temukan di Setu Babakan.

Selain itu, jika anda ingin mengetahui atau mempelajari tentang kesenian dan kebudayaan Betawi, Setu Babakan adalah tempat yang pas untuk hal tersebut. Anda akan menemukan berbagai macam kesenian dan adat istiadat Betawi. Biasanya, di Setu Babakan ini diadakan pertunjukan seperti lenong, music tanjidor, pertunjukan silat, dan berbagai kesenian Betawi lainnya. Anda juga bisa melihat adat istiadat Betawi  seperti nujuh bulan, sunatan, pernikahan, dan lain sebagainya.

Anda bisa menikmati keindahan wisata Setu Babakan. Di kawasan wisata Setu Babakan, terdapat dua danau, yaitu Danau Mangga Bolong dan Danau Babakan. Selain itu, anda dapat menikmati keasrian Setu Babakan, sambil melihat berbagai tanaman dan tumbuhan yang ada di wilayah pemukiman penduduk. Anda akan menemukan berbagai jenis pohon, bahkan anda bisa memetik buahnya.

Anda bisa menikmati panorama Setu Babakan sambil berjalan kaki atau pun menaiki sepeda. Jika anda tidak membawa sepeda, anda bisa menyewa sepeda onthel yang disediakan oleh pihak setempat. Selain itu anda juga bisa menikmati keindahan danau Setu Babakan sambil menaiki perahu yang ada di Setu Babakan.

Saat ini, sudah terdapat berbagai macam fasilitas-fasilitas yang ada disediakan bagi para pengunjung, seperti galeri, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Anda juga bisa berfoto dengan pakaian adat Betawi yang disediakan oleh pengelola Setu Babakan, fasilitas ini juga bagus bagi anda yang mungkin ingin foto pra wedding dengan busana adat Betawi. Terakhir, sebelum anda pulang, ada baiknya anda mengunjungi toko souvenir yang ada di Setu Babakan. Di toko tersebut, terdapat berbagai barang-barang dan accesoris bagus untuk keluarga ataupun kerabat.

Demikian Wisata Panorama Alam dan Cagar Budaya Betawi Setu Babakan yang wajib anda kunjungi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sebelumnya kami telah membuat artikel tentang Pulau Seribu, Tempat Wisata Eksotis di Jakarta

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*