Home » Yogyakarta » Bantul » Parangtritis Jogja, Pantai Eksotis Kental Akan Mitos Nyi Roro Kidul

Parangtritis Jogja, Pantai Eksotis Kental Akan Mitos Nyi Roro Kidul

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Parangtritis – Jogja adalah salah tempat di Pulau Jawa yang banyak menyimpan keindahan alam. Tak hanya itu, Jogja juga mempunyai berbagai tempat hiburan yang tak kalah asyiknya dengan pemandangan alam. Jogja selain memiliki keindahan alam dan hiburan, juga merupakan kota pendidikan. Ada berbagai macam tempat wisata di Jogja yang mungkin rugi untuk dilewatkan oleh para pengunjung yang sedang mampir ke kota yang penuh dengan sejarah ini. Salah satunya adalah pantai parangtritis. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata alam di Jogja yang sangat terkenal dengan pantainya yang indah dan pasirnya yang putih. Pantai ini menjadi salah satu ikon pariwisata bagi kota Jogja.

Tempat wisata alam di Jogja yang satu ini memang menyimpan banyak sekali misteri dan juga keindahan pantainya. Rumor mengenai keneradaan Nyi Roro Kidul adalah salah satu cerita yang terkenal di pantai ini. Bahkan salah satu penduduk mengatakan bahwa pernah melihat sesosok perempuan berbaju hijau yang sedang berjalan ke arah pantai. Ini lah yang di sebut kemunculan Nyi Roro Kidul dan mitosnya sangat terkenal bahkan di seluruh penjuru nusantara. Tempat wisata di Jogja memang menyimpan banyak sekali misteri yang cenderung membuat orang penasaran dengan kebenaran cerita tersebut. Oleh karena itu, penduduk tetap menyakini bahwa cerita rakyat mengenai Nyi Roro Kidul adalah kisah nyata yang selalu menjadi ciri khas dari pantai parangtritis.

Skydiving Parangtritis

Skydiving Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi oleh para pengunjung yang datang ke Kota Jogja. Salah satu tempat wisata di Jogja ini terletak 27 km selatan Kota Jogja dan bisa dicapai dengan kendaraan umum yang beroprasi hingga pukul lima sore. Sore menjelang matahari terbenam adalah waktu yang sangat pas untuk melihat keindahan pantai yang sangat terkenal di Jogja ini. Di belakang pantai ini juga ada tebing dengan nama Tebing Gembirawati. Dari tebing ini para pengunjung bisa melihat area pantai Parangtritis secara keseluruhan, laut selatan, hingga ke batas cakrawala. Disebelah tebing ini juga terdapat candi yang bernama Candi Gemberawati dan jarang dari pantai hanya 100 meter saja.

Pantai parangtritis menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang cocok untuk keluarga. Pada sore hari menjelang matahari terbenam, angin laut yang kencang cocok untuk bermain layang-layang bersama keluarga. Setelah matahari terbenam, mulailah ada penjual jagung bakar yang menjual barang daganganya di bibir pantai Parangtritis. Orang yang sering nongkrong disini kebanyakan adalah mahasiswa yang sedang menikmati masa liburanya. Penjual jagung bakar dan penjual kopi akan melayani pembeli hingga larut malam. Jadi, parangtritis tidak akan pernah mati suasana karena selalu dikunjungi oleh pengunjung. Tempat wisata alam di Jogja ini dikelolah oleh pemerintah Bantul dan dirawat dengan baik. Pemerintah Bantul juga menyediakan hotel untuk pengunjung yang ingin bermalam dengan suasana pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*