Home » Jawa Tengah » Pantai Karangbolong, Keindahan Alam Yang Menakjubkan Dengan Sarang Burung Walet

Pantai Karangbolong, Keindahan Alam Yang Menakjubkan Dengan Sarang Burung Walet

Kabupaten Kebumen merupakan kabupaten yang berada dibagian selatan pulau Jawa maka tidak heran jika kabupaten Kebumen mempunyai banyak wisata pantai salah satu dari pantai yang merupakan objek wisata di Kebumen adalah pantai Karangbolong, pantai ini juga merupakan pantai yang mempunyai keindahan alam yang luar biasa, selain itu di pantai ini juga terdapat sarang burung walet, burung walet merupakan burung yang menjadi symbol kota Kebumen.

Gua Pantai Karangbolong Kebumen

Gua Pantai Karangbolong Kebumen

Pantai Karangbolong yang merupakan objek wisata di Kebumen berada di kecamatan Buayan kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah sehingga keberadaan Pantai Karangbolong juga merupakan Objek wisata Jawa Tengah. Pantai Krangbolong tepatnya terletak di 18 Km arah selatan dari Gombong atau 39 Km ke arah barat daya dari pusat kota Kebumen. Pantai ini merupakan kawasan hamparan pasir yang luas dan dibatasi oleh perbukitan batuan sediamen klasik asal gunung api. Pasir dalam pantai karangbolong berbentuk halus dan kasar yang bersal dari babatuan sedimen tersebut, sebagai ciri khas dari pantai selatan adalah deburan ombak yang ganas, suara benturan ombak yang menghantam batu karang terkadang begitu keras, sehingga dengan kondisi ombak yang seperti itu kawasan ini merupakan kawasan yang berbahaya untuk berenang maka dari itu sangat dihimbau bagi anda yang berkunjung kepantai Karangbolong untuk tidak berenang dipantai.

Didalam Goa Karangbolong ini terdapat sarang burung walet yang merupakan penghasilan utama kabupaten Kebumen, burung kecil pemakan serangga ini bersarang di dalam goa Karangbolong, pemanenan sarang burung walet dilakukan 4 kali selama setahun, sebelum memanen sarang burung walet, masyarakat terlebih dahulu melakukan berbagai macam ritual adat yang dilakukan untuk keselamatan mereka, pemanenan ini dilakukan secara tradisional.

Mulut goa Karangbolong berada ditebing yang langsung berbatasan dengan pantai sehingga goa ini merupakan tempat yang tidak bisa dikunjungi oleh wisatawan biasa, karena selain medannya yang sangat sulit dijangkau juga sangat bahaya apabila tidak menggunakan peralatan keamanan yang memadai. Dengan begitu maka proses pengambilan sarang burung walet tidak dapat saksikan oleh wisatawan secara langsung, maka dari itu di pantai Karangbolong terdapat goa tiruan yang dalam goa tersebut terdapat miniatur sebagai gambaran proses pemanenan sarang burung.

Pemandangan di pantai Karangbolong Kebumen yang merupakan objek wisata Kebumen termasuk pemandangan yang langka karena setiap saat wisatawan dapat melihat deburan ombak yang keras menghantam batu karang, ketika kita berlibur kesana kita dapat memilih untuk duduk di batu karang, atau duduk di gardu pandang, atau duduk disekitar pohon kelapa untuk melindungi diri dari panasnya sinar matahari, selain itu di pantai karangbolong juga terdapat pesangrahan Nyi Roro Kidul ini merupakan tempat yang mempunyai nuansa mistis.

Untuk dapat ke pantai Karangbolong yang merupakan objek wisata Kebumen wisatawan dapat berjalam dengan nyaman dijalan yang bersapal dari arah Gombong keselatan kurang lebih 18 Km atau sekitar 30 menit menggunakan kendaraan pribadi, selain itu angkutan umum dengan trayek Gombong-Karangbolong juga selalu bolak-balik di jalan itu, selain itu anda juga dapat menggunakan jalur selatan jalur Mirit-Buluspesantren-Petanahan-Puring. Dari Puring terus menuju kearah barat kurang lebih 10 Km setelah melewati jembatan Suwuk barulah anda sampai di Pantai Karangbolong.
Itulah sekilas gambaran tentang indahnya pantai Karangbolong yang merupakan objek wisata Kebumen, keindahan tersebut dapat anda rasakan secara langsung ketika anda berkunjung ke pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*