Home » Yogyakarta » Gunung Kidul » Pantai Indrayanti, Balinya Gunung Kidul

Pantai Indrayanti, Balinya Gunung Kidul

Pantai Indrayanti, Balinya Gunung Kidul – Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki beribu-ribu pulau. Tentunya dari setiap pulau memiliki pantai yang memisahkan daratan dengan lautan. Dari sekian banyak pantai yang dimiliki oleh Indonesia memiliki keindahan dan eksotika masing-masing. Hanya saja tidak semua dapat dikelola dengan baik dan benar. Seungguhnya banyak pantai di Indonesia yang memiliki keindahan yang begitu menakjubkan namun sayangnya tidak dikelola dengan baik sehingga mengurungkan niat wisatawan untuk berkunjung.

Jika Bali memiliki pantai Kuta yang sangat terkenal di dunia karena keindahannya maka Yogjakarta juga memiliki pantai yang tidak kalah indahnya dengan Bali. Adalah Pantai Indrayanti yang digadang-gadang memiliki keindahan yang sama dengan Bali, sehingga tak salah jika banyak orang menyebutnya sebagai pantai Bali ala Gunung Kidul, Yogyakarta.

Nama Indrayanti sendiri bukanlah nama sebenarnya dari pantai tersebut, nama asli dari pantai ini adalah Pantai Pulang Sawal. Nama Indrayanti sendiri adalah nama sebuah restoran yang dikelola oleh perusahaan pribadi dan bukan investasi pemerintah. Namun akhirnya pantai ini lebih dikenal dengan Pantai Indrayanti ketimbang nama aslinya.

Restoran Indrayanti Gunung Kidul Jogjakarta

Pantai Indrayanti berada di kawasan Gunung Kidul, Yogjakarta. Tepatnya di Kecamatan Tepus. Untuk akses menuju Pantai Indrayanti sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena akses dengan kendaraan umum termasuk susah. Jika akan menggunakan kendaraan umum, kita harus menggunakan bus menuju arah Wonosari kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum kearah Tepus, selanjutnya untuk menuju pantainya harus menggunakan ojek.

Rasa lelah terbayarkan semua ketika kita mendapati keindahan hamparan pasir putih dan batu karang yang disuguhkan oleh Pantai Indrayanti. Restoran dan cottage bernuansa “back to nature” berjejer rapih disepanjang pantai. Tentunya banyak pilihan menu yang dapat kita santap saat menikmati keindahan laut biru yang tenang dari Samudra Hindia. Yang membuat kita takjub adalah pantai Indrayanti ini termasuk bersih, jauh dari sampah-sampah yang berserakan karena pihak pengelola sendiri akan menjatuhkan denda sebesar Rp 10.000 bagi orang yang membuang sampah sembarangan dan peraturan ini masih berlaku hingga kini sehingga Pantai Indrayanti tetap terjaga kebersihannya. Konsep yang seperti ini tidak banyak ditemukan di lokasi lain. Pantai Indrayanti juga menawarkan wisata bermain dengan Jet Sky di atas laut yang biru.

Sebenarnya di pantai Indrayanti juga terdapat hamparan terumbu karang yang eksotis. Saat air pasang, pertumbuhan karang ini akan sangat bagus, namun jika air surut pertumbuhan karang tidak maksimal karena saat air surut banyak karang yang terinjak oleh manusia saat berjalan-jalan di atas karang. Meskipun demikian Pantai Indrayanti tetap indah yang membuat wisatawan terhipnotis untuk tetap menikmati keindahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*