Home » NTT » Manggarai » Nuansa Tradisional di Kampung Todo Flores

Nuansa Tradisional di Kampung Todo Flores

Satu lagi tempat terindah di Indonesia yang patut anda kunjungi, yaitu di Kampung Todo, Flores. Tempat wisata ini tidak hanya menyimpan keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga sarat akan sejarah yang menarik sekali untuk dipelajari lebih lanjut. Kampung Todo yang ada di Flores mampu memberikan nuansa tradisional yang akan membuat siapa pun merasa betah berlama-lama di kampung tersebut. Adat istiadat serta budaya yang masih kental merupakan daya tarik tersendiri dari wisata kampung ini.

Wisata Budaya Kampung Todo Manggarai

Pic: http://kristinaanissa.blogspot.com/

Wisata Kampung Todo Flores berada di Desa Todo, Kec. Satar Mase Barat, Manggarai. Kampung yang tampak tua ini ditempati rumah-rumah tradisional dengan halaman yang luas dan disusun dengan batu-batu rapi. Rumah adat ini berasal dari Kerajaan Manggarai. Rumah adat yang paling tua diberi nama “Niang Woang”. Disana terdapat alat musik tambur kecil yang konon terbuat dari perut seorang gadis cantik (Loke Nggerang) da nada juga beberapa meriam kuno. Satu lagi yang menjadi ciri khas tempat wisata terindah Kampung Todo ini adalah Niang Todo. Niang Todo merupakan rumah adat yang berbentuk bundar dengan atap jerami yang mitosnya merupakan rumah istana raja Todo yang terdahulu. Jika anda beruntung, anda juga dapat menyaksikan atraksi bela diri tradisional yang di daerah tersebut dikenal dengan nama Caci.

Atraksi bela diri tradisional di Wisata Kampung Todo ini selain untuk menghidupkan suasana, juga untuk mempertemukan kembali mereka yang masih keturunan Raja Todo yang merupakan penguasa salah satu kerajaan besar di Manggarai sekitar 300 tahun yang lalu. Warga dari kampung yang lain pun ikut berpartisipasi ketika atraksi bela diri tradisional (yang kini telah jadi permainan tradisional) ini dimainkan. Saat inilah waktu yang paling dinantikan para warga kampung untuk larut dalam kegembiraan yang sebenarnya. Kegembiraan kaum yang belum tersentuh kehidupan modern yang semakin apatis. Objek wisata terindah yang satu ini sangat cocok bagi anda yang merindukan kehidupan bersama manusia yang sebenarnya.

Di kawasan ini, Anda akan merasakan udara yang berbeda dan tentunya lebih sejuk. Hawa sejuk khas pegunungan mampu memberikan sensasi yang luar biasa, perpaduan antara lembut, damai, dan damai. Di tempat ini anda mungkin akan merasakan sedikit dari keindahan surga. Sedikit pengetahuan untuk anda yang menaruh simpati pada adat dan budaya, kawasan Todo ini merupakan pusat berbagai budaya di Manggarai. Awal mulanya, Manggarai ini dikuasai oleh tiga kerajaan, yaitu Kerajaan Bima dari Nusa Tenggara Barat, Kerajaan Goa dari Sulawesi, dan juga Kerajaan Todo. Seiring dengan berjalannya waktu, Kerajaaan Todo lah yang akhirnya menguasai seluruh wilayah Manggarai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*