Home » Jawa Tengah » Keindahan Goa Seplawan Objek Wisata Purworejo

Keindahan Goa Seplawan Objek Wisata Purworejo

Goa seplawan terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, sehingga Goa Seplawan ini juga merupakan objek wisata Jawa Tengah, sekitar 20 Km kearah timur dari pusat kota Purworejo, Goa Seplawan berada di ketinggian 700m dpl. Dengan tinggi tersebut maka udara disana sangat sejuk dan segar.

Goa merupakan suatu lorong dalam tanah yang terjadi secara alami, Goa juga menyajikan berbagai macam pemandangan yang menarik, hal tersebut karena pemandangan dalam goa merupakan pemandangan perut bumi, beberapa hal yang menarik yang dapat anda saksikan dalam goa antara lain, stalaktit, sungai bawah tanah, sendang, bahkan ada air terjun bawah tanah, pemandangan tersebut tentunya merupakan pemandangan yang langka.

Tempat Wisata Terindah Yogyakarta

Goa Seplawan, Purworejo. Sumber: www.jogjawae.com

Salah satu Goa yang terdapat di Kabupaten Purworejo adalah goa Seplawan, goa ini sekarang telah menjadi salah satu objek wisata Purworejo selain merupakan tempat wisata ternyata goa ini juga berhubungan erat dengan sejarah Kabupaten Purworejo, karena nama goa tersebut tercantum dalam Prasasti Kayu Arahiwang. Dalam prasasti tersebut dengan jelas disebutkan bahwa salah satu tempat yang harus dijaga kesuciannya adalah Goa Seplawan.

Dalam kawasan objek wisata goa seplawan terdapat taman yang indah untuk beristirahat, bermain atau untuk berkumpul menemai liburan bersama keluarga, selain itu juga terdapat beberapa penjual batu taman dan penjual pohon bunga anggrek. kawasan yang masih tergolong  pegunungan dan pedesaan ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati wisata alam.

Untuk jalan masuk menuju goa anda harus menuruni tangga yang cukup melelahkan, namun semua itu akan terbayar ketika anda sudah sampai ke dalam goa, ukiran batu  yang indah pun sudah kelihatan dari mulut goa, goa seplawan merupakan goa dengan panjang 700 meter dengan cabang goa sampai 150-300 meter, ornament yang terdapat pada antara lain stalaktit, ataklamit, flowstone, gower dam, helekit, soda straw dan dinding-dinding goa yang berornamen seperti kerangka ikan. Semua itu merupakan pemandangan yang menakjubkan ketika dilihat secara langsung.

Ada cerita menarik dari beberapa masyarakat disana tentanf objek wisata Purworejo ini konon pernah ada petualang goa yang merupakan wisatawan asing mencoba menyusuri goa seplawan, semua peralatan yang digunaan lengkap, bekal yang digunakan untuk perjalanan juga lengkap, namun setelah 1 minggu menyusuri goa tersebut ternyata belum juga menemukan ujung dari goa tersebut akhirnya diapun kembali kerena bekalnya sudah habis. Mendengar cerita tersebut nampaknya ujung goa seplawan masih menjadi misteri hingga saat ini?

Dulu pada tanggal 28 Agustus 1979 di salah satu lorong goa seplawan yang menjadi objek wisata Purworejo ditemukan patung dewa Syiwa dan dewi Parwati, patung yang terbuat dari emas seberat 1.5 kg tersebut akhirnya disimpan di Museum Nasional Jakarta, dengan adanya patung tersebut merupakan petunjuk kalau goa seplawan merupakan goa yang dikeramatkan sebagai goa untuk pemujaan, maka sekarang di depan pintu masuk goa tersebut terdapat patung Dewa Syiwa dan Dewi Parwati dengan ukuran besar sebagai replica dari patung emas yang pernah ditemukan, ini untuk mengingatkan bahwa goa tersebut merupakan goa yang harus dijaga kesuciannya.

Jalan untuk menuju goa seplawa merupakan jalan naik turun dan berkelok, suasana pegunungan dan masyarakat yang ramah merupakan nuansa  yang khas untuk  pedesaan, selain menikmati pemandangan alam anda juga dapat melihat peternakan kambing PE (Peranakan Etawa) kambing ini merupakan kambing dengan kualitas baik, harganyapun sangat mahal bahkan ada yang pernah sampai Rp. 300 jutaan untuk satu ekor kambing. Datanglah…………..! dan buktikan….!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*