Home » Jawa Tengah » Karimun Jawa, Destinasi Wisata Pulau dan Laut yang Tenang

Karimun Jawa, Destinasi Wisata Pulau dan Laut yang Tenang

Karimun Jawa, Destinasi Wisata Pulau dan Laut yang Tenang – Ada banyak alasan mengapa anda harus berwisata yang salah satunya adalah untuk menenangkan diri dengan bersatu bersama alam dan Karimun Jawa menjadi salah satu objek wisata di Indonesia yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata anda.

Back to nature menjadi trend wisata saat ini. Ya, menyatu dengan alam setelah hampir setiap hari bergelut dengan kesibukan perkerjaan di kota metropolitan yang bising dan penuh dengan polusi akan sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga. Ketenangan dengan berwisata ke alam yang tenang dan damai seperti Karimun Jawa akan membuat hati (jiwa) merasa tenang dan relax sehingga sekembalinya anda dari berwisata akan menimbulkan ketenangan yang akan menjadikan anda bersemangat kembali saat melakukan perkerjaan rutin anda. Kesejukan alam dan udara yang bersih tanpa polusi, air yang segar dengan aneka hidangan makan yang hampir tanpa bahan kimia bisa anda nikmati disini, hal tersebut akan menjadikan diri (raga) anda terasa lebih sehat karena apa yang anda makan semua berasal dari alam yang belum tercemari bahan kimiawi dan semua itu bisa anda dapatkan di objek wisata Karimun Jawa

Letak Geografis Karimun Jawa

Letak Geografis Karimun JawaTerletak di barat laut kota Jepara, pulau Karimun Jawa masuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Memiliki luas daratan seluas ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, pulau ini menjadi salah satu objek wisata di Jawa Tengah yang cukup sering dikunjungi oleh backpacker baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang menginginkan ketenangan dalam berwisata. Walau masuk dalam kepulauan Jawa Tengah, letak pulau Karimun Jawa tidak menyatu dengan Pulau Jawa, untuk itu, untuk bisa mencapai Karimun Jawa ada 2 transportasi alternatif yaitu jalur udara (pesawat) dan jalur laut (kapal).

Transportasi Menuju Karimun Jawa

Seperti yang telah saya katakan di atas, untuk mencapai tempat wisata Karimun Jawa kita bisa menggunakan pesawat atau kapal laut. Untuk menggunakan kapal laut, anda bisa menaiki kapal dari Semarang ataupun Jepara. Jika anda memilih untuk berangkat dari pelabuhan Semarang, anda bisa menggunakan kapal cepat KMC Kartini yang berangkat dari Semarang ke Pulau Karimun Jawa setiap hari Sabtu pukul 09.00.
Kapal Cepat Kartini
Alternatif lain transportasi laut yang bisa anda gunakan untuk mencapai tempat wisata terindah Karimun Jawa adalah menggunakan kapal KMP Muria yang berangkat dari Jepara setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu pukul 08.00. Walaupun perjalanan menuju Karimun Jawa relatif lebih lama jika anda menggunakan kapal KMP Muria, namun relatif lebih murah. Tiket 1 kali jalan dari Jepara menuju Objek Wisata Karimun Jawa adalah Rp. 30.500 dan Rp. 80.000 untuk perjalan pulang pergi.

Untuk anda yang memiliki dana lebih dan menginginkan waktu yang lebih cepat untuk mencapai objek wisata alam Karimun Jawa, anda bisa memilih untuk menggunakan transportasi udara (pesawat). Untuk menggunakan pesawat, anda bisa naik dari bandara Ahmad Yani Semarang. Untuk perjalan menggunakan pesawat terbang dari bandara Ahmad Yani menuju Kariun Jawa anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

Tips Berwisata ke Karimun Jawa

Letaknya yang berada di tengah laut Jawa, perairan disekitar Karimun Jawa, gelombang ombaknya memang bisa dibilang cukup tenang. Hanya saja, untuk bisa menikmati seluruh keindahan objek wisata Karimun Jawa, baik pulaunya maupun wisata bawah lautnya, sebaiknya anda menghindari musim hujan di bulan November sampai Januari.
Alam Bawah Laut Karimun Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*