Home » Jawa Barat » Bogor » Istana Bogor, Tempat Wisata di Bogor yang Sarat Dengan Sejarah

Istana Bogor, Tempat Wisata di Bogor yang Sarat Dengan Sejarah

Tampak Depan
Bogor – menjadi salah satu kota tujuan favorit bagi anda yang hendak melakukan wisata keluar kota. Hal tersebut disebabkan begitu banyaknya tempat wisata di Bogor yang bisa menjadi pilihan anda ketika berkunjung kesana. Salah satu tempat favorit di kota Bogor adalah Istana Kepresidenan Bogor. Istana Bogor sendiri berdiri diatas lahan seluas 28 ha di ketinggian 290 meter diatas permukaan laut. Selain sebagai tujuan wisata sejarah, di tempat tersebut anda dapat menikmati sejuknya udara yang ada disekitar istana. Bogor memang terkenal dengan udara dingin yang setia menemani mereka yang tinggal disana. Dengan berjuta pepohonan rindang serta dataran tinggi yang ada, tak ayal jika Bogor menjadi tempat wajib bagi mereka yang menginginkan kesejukan serta kesehatan alam.

Istana bogor sendiri berdiri sejak masa colonial Belanda tepatnya pada tahun 1744. Bogor menjadi pilihan bagi para penduduk Belanda yang menjajah Indonesia pada masa tersebut dikarenakan Jakarta yang dulunya bernama Batavia dirasakan terasa terlalu panas sebagai pusat pemerintahan serta tempat tinggal mereka. Hal tersebut yang menyebabkan bangunan yang terdapat di tempat wisata di Bogor dan sekitarnya sarat akan sentuhan barat. Berbagai perombakan yang telah terjadi menjadikan Istana Bogor tampak elegan dan juga mewah seperti sekarang. Berbagai perubahan terjadi dikarenakan berbagai hal seperti ketika terjadi serangan oleh rakyat Banten pada tahun 1750-1754 yang dipimpin oleh Kiai Tapa dan Ratu Bagus Buang.
Ruang Dalam

Selain itu terjadi dua kali perombakan besar-besaran pada tahun 1808 serta 1817 dengan memperluas lahan serta menjadikan gedung induk menjadi dua lantai. Tidak hanya itu, ditengah-tengah gedung induk juga dibangun sebuah menara. Lahan yang terdapat disekeliling istana juga dijadikan Kebun Raya yang diresmikan pada tanggal 18 Mei 1817. Kebun tersebut sekarang dikenal sebagai Kebun Raya Bogor guna memperbanyak daftar tempat wisata di Bogor. Dengan udara yang sejuk serta begitu banyaknya binatang disana, menjadikan tempat tersebut menjadi tempat wisata terlengkap yang ada di Bogor. Istana Bogor sendiri dulunya dinamakan dengan Istana Buitenzorg yang diresmikan sebagai kediaman resmi para Gubernur Jenderal Belanda pada tahun 1870.

Setelah kekalahan Jepang pada Perang Dunia II, Istana Buitenzorg berhasil diduduki oleh para gerilyawan pada tahun 1949, empat tahun setelah Indonesia merdeka. Istana tersebut sendiri mulai dipergunakan sebagai tempat persinggahan Presiden mulai tahun 1950. Istana Bogor sendiri menjadi tujuan utama bagi mereka yang menggilai sejarah, sebab ditempat tersebut terdapat buku-buku sejarah sebanyak 3.205 buah. Selain itu Istana Bogor juga disebut sebagai salah satu tempat wisata di Bogor yang sarat akan seni. Hal tersebut dibuktikan dengan tersedianya berbagai benda seni seperti lukisan, patung, keramik serta benda seni lainnya. Tercatat terdapat 448 buah patung lengkap dengan pelukis serta tahun pembuatan serta 196 buah keramik yang tersusun rapi didalam istana tersebut.
Tampak Samping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*