Home » Jawa Tengah » Melihat Keindahan Kebumen Dari Atas Gunung Pranji

Melihat Keindahan Kebumen Dari Atas Gunung Pranji

Gunung Pranji Kebumen – Bagi warga kota Kebumen sendiri, nama Gunung Pranji sesungguhnya sudah tidak asing lagi. Gunung ini memang sudah terkenal dengen keindahan dari puncak gunungnya. Untuk warga dari luar kota nampaknya harus menjajal mendaki Gunung Pranji ini. Terletak diperbatasan Desa Pengaringan dan Desa Watulawang, Kabupaten Kebumen. Tidak susah untuk menemukan tempat ini, berjarak sekitar 20 km dari kota Kebumen dan memerlukan waktu sekitar 30-40 menit untuk sampai ditempat ini. Setelah sampai di curug Peniron, perjalanan akan dilakukan dengan berjalan kaki ke atas bukit. Memang tidak terlalu tinggi, tapi pemandangan yang disuguhkan begitu indah. Rasa lelah saat mendaki bukit terbanyarkan dengan apa yang akan anda lihat.

Gunung Pranji Tempat Wisata di Kebumen Jawa Tengah

Gunung Pranji Tempat Wisata di Kebumen Jawa Tengah

Waktu yang paling tepat untuk berada di tempat ini adalah saat pagi dan sore hari. Karena pada waktu inilah kita dapat melihat keindahan sesungguhnya dunia ini diciptakan. Saat pagi kita akan mendapatkan indahnya matahari terbit yang diselimuti kabut putih dan segarnya udara Gunung Pranji. Dan pada sore hari, pemandangan dari arah barat, kemerahan cahaya matahari terbenam terlukis indah diatas langit biru. Keindahan sunset dari atas bukit begitulah lukisan alam yang sempurna.

Jika kita berencana mendaki bukit, ajaklah kawan-kawan dan bawalah perbekalan dan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan. Saat mendaki pada pagi atau malam hari, pastikan menggunakan pakaian tebal atau jacket, kaos kaki dan kaos tangan, karena udara di atas gunung akan sangat dingin. Dan jika hendak mendaki pada siang hari, disarankan untuk memakai tudung topi agar terhindar dari terik matahari. Kawasan Gunung Pranji ini ramai dikunjungi wisatawan domestic yang didominasi oleh para pemuda yang notabene memang ingin menjajal mendaki kawasan sekitar Gunung Pranji.
Sebenarnya Gunung Pranji ini sangat cocok dijadikan tempat mendaki bagi para pemula, karena lokasinya yang tidak terlalu berbahaya dan tidak begitu tinggi. Tidak hanya Gunung Pranji, Desa Pengaringan terkenal sebagai suatu daerah yang sebagian besar wilayahnya adalah perbukitan. Ada beberapa bukit disekitar Gunung Pranji yang juga menarik perhatian. Nampaknya tempat ini sangat cocok bagi kita yang ingin menguji adrenalin dengan menapaki bukit. Menikmati segarnya udara dari pegunungan yang masih asri. Bagai lautan hijau terpapar dari atas bukit.

Selain Gunung Pranji, ada juga danau alami, masyarakat sekitar biasa menyebutnya ceblungan dan DAM (bendungan buatan) yang terdapat di desa Pengaringan. Bendungan ini dijadikan tempat untuk memenuhi kebutuhan air oleh warga Pengaringan. Masyarakat disekitar Gunung Pranji tetap dapat hidup rukun meskipun sebagian berasal dari keluarga yang berbeda keyakinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*