Home » Jawa Tengah » Gua Jatijajar Kebumen, Tempat Wisata Penuh Legenda Yang Menakjubkan

Gua Jatijajar Kebumen, Tempat Wisata Penuh Legenda Yang Menakjubkan

Berwisata merupakan kegiatan untuk melepas penat, dengan berwisata pikiran kita akan fresh, berwisata juga dapat untuk membuat hubungan rumah tangga harmonis kembali, banyak sekali obyek wisata di Jawa Tengah salah satunya adalah objek wisata Gua Jatijajar yang terdapat di kebupaten Kebumen, tobong kapur juga menjadi symbol di goa jatijajar penggunaan symbol ini mencerminkan bahwa di kawasan desa jatijajar merupakan kawasan penghasil batu kapur.

Fentilasi Udara Dalam Gua Jatijajar Kebumen

Fentilasi Udara Dalam Gua Jatijajar Kebumen

Objek wisata Goa Jatijajar merupakan salah satu objek wisata di Kebupaten Kebumen, Goa Jatijajar merupakan Goa yang berada di desa Jatijajar Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen letaknya 21 Km sebelah barat Kecamatan gombong atau 42 Km sebelah barat kota Kebumen, pada umumnya tempat wisata mempunyai legenda atau cerita rakyat begitu juga dengan goa Jatijajar, legenda yang ada di Goa Jatijajar adalah legenda Raden Kamandaka atau Legenda Lutung Kasarung. Gua Jatijajar merupakan tempat yang digunakan oleh Raden Kamandaka untuk bersemedi dan untuk mendapatkan wangsit.

Gua Jatijajar mempunyai panjang kurang lebih 250 meter, dan kedalamanya kurang lebih 40 meter, di dalam area kawasan objek wisata goa Jatijajar juga terdapat beberapa gua yang lain antara lain yaitu Goa Intan, Goa Dempok delain itu juga terdapat taman dan Pulau Kera, pasar aksesoris, dan patung Dinosaurus , sedangkan didalam goa jatijajar terdapat 4 sendang yaitu sendang mawar, sendang katil, sendang Jimbor dan sendang puser bumi.

Beberapa patung juga menjadi hiasan didalam goa, seperti patung Raden Kamandaka, patung lutung dan patung jago, ketika kita masuk kedalam goa maka kita akan merasakan suasana yang sangat sejuk, sepanjang lorong goa jatijajar sudah terpasang lampu sehingga kita tidak akan merasa gelap disana. Pada langit goa jatijajar juga terdapat lobang untuk ventilasi.

Perut Gua Jati Jajar

Perut Gua Jati Jajar

Wisata dalam goa memang meberikan sensasi tersendiri bagi anda yang belum pernah memasuki gua, rasa waswas, rasa takjub, nuansa mistis, dll akan menyelimuti sepanjang perjalanan anda menelusuri lorong goa yang merupakan tempat Wisata Di Kabupaten Kebumen. Pada saat pertama kali anda masuk goa jatijajar maka anda akan memasuki mulut goa yang besar, disana terdapat aula yang lebar dan tempat duduk yang lebar pula, setelah anda puas menikmati bagian depan goa maka akan meneruskan perjalanan dalam perut goa, disana ada sendang yang dapat anda temui salah santunya adalah sendang mawar dan sendang kantil, 2 sendang ini dipercaya airnya dapat membuat awet muda ketika digunakan untuk membasuh muka maka setiap orang yang berwisata ke goa jatijajar pasti akan membasuh muka disana, hal ini tentunya bukan mitos belaka karena kondisi air di dalam goa merupakan air pegunungan kapur yang kaya akan mineral, selain itu air dalam goa juga merupakan air tanah yang belum terkena sinar matahari sehingga unsur-unsur yang terkandung didalam air masih terjaga dengan baik, dengan dua alasan tersebut maka air di dalam goa akan mempunyai keistimewaan. Air dalam sendang tersebut juga tidak kering meskipun pada musim kemarau sekalipun.

Perjalanan yang menakjubkan dan perasaan yang berbeda dengan berwisata di tempat lain akan membuat sensasi yang menakjubkan dan mendebarkan dalam hidup anda hingga tidak terasa bahwa anda sudah berada dalam perut bumi sedalam 40 meter dan perjalanan menepuh jarak 250 meterpun akan terasa sangat dekat, setelah keluar dari goa jatijajar anda dapat menikmati indahnya taman dan berjalan-jalan dilokasi goa jatijajar, anda juga masih dapat memasuki goa intan dan goa dempok. Stalagtit dalam goa Dempok telah terbentuk selama ratusan bahkan ribuan tahun hingga yang lalu stalagtit sangat yang sangat mengagumkan dan mempesona, sedangkan untuk goa intan juga mempunyai keistimewaan sendiri goa ini mampunyai langit-langit goa yang tidak terlalu tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*