Home » NTB » Lombok » Eksotika Gunung Rinjani di Lombok NTB

Eksotika Gunung Rinjani di Lombok NTB

Gunung Rinjani adalah sebuah gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi ke dua di Indonesia setelah pegunungan di irian Jaya. Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan dikelilingi hutan hujan semi. Kita dapat menjumpai beragam fauna dan flora hidup di kawasan tersebut. Pohon cemara, gunung Casuarina, Pterospermum, Edelweiss, dan masih banyak lagi. Untuk faunanya sendiri, kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dihuni oleh monyet perak yang berasal dari Bali, berbagai jenis burung yang berasal dari Australia, rusa, dan landak.

Gunung Rinjani menjadi salah satu tempat favorite bagi para pendaki, selain karena medan yang menantang juga karena Gunung Rinjani menyuguhkan pemandangan alam yang begitu memanjakan mata. Gunung Rinjani memiliki danau kawah berkuran besar dengan lebar sekitar 10 km dan kedalaman sekitar 230m. Karena memiliki ukuran yang tidak kecil, sehingga diibaratkan sebagai anak lautan, danau kawah ini disebut sebagai Segara Anak. Didalam Segara Anak sendiri hidup ikan mas dan ikan mujair sehingga banyak orang atau pendaki yang memanfaatkan waktu saat mendaki Gunung Rinjani dengan memancing di Segara Anak. Beredar mitos di mayarakat bahwa barang siapa yang melihat danau Segara Anak terlihat luas maka umur orang-orang yang melihatnya masih panjang dan sebaliknya jika yang terlihat sempit maka umur orang-orang yang melihat pendek, maka dari itu saat mendaki Gunung Rinjani kita harus tetap berpikir positif, bersih dan tenang.

Ditengah Segara Anak telah muncul gunung baru yang disebut Gunung Barujari. Gunung Barujari ini terbentuk karena letusan Gunung Rinjani pada tahun 1944. Gunung Barujari ini memiliki kawah berukuran 170×200 m dengan ketinggian 2.296-2.376 m di atas permukaan laut. Meskipun sebagai pusat dari Gunung Rinjani tentu saja letusan yang dihasilkan tidak sebesar letusan yang dihasilkan oleh Gunung Rinjani.

Dibalik keindahan alam yang disuguhkan oleh Gunung Rinjani tentu saja tidak lepas dari cerita rakyat yang tumbuh di masyarakat. Menurut kepercayaan masyarakat Gunung Rinjani adalah tempat tinggal ratu jin yaitu Dewi Anjani yang dulunya adalah seorang putri dari Raja Lombok. Dan tentu saja dia memiliki kerajaan gaib bersama pengikutnya. Maka tidak heran jika penduduk sekitar sering melakukan upacara adat di sekitar Gunung Rinjani.
Dibalik kisahnya yang dikait-kaitkan dengan dunia gaib, hal itu tidak mengurungkan niat wisatawan baik dalam negeri maupun manca negara untuk tetap menikmati eksotika yang disuguhkan oleh Gunung Riinjani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*