Home » Kalimantan Selatan » Daya Tarik Wisata Pasar Terapung Banjarmasin

Daya Tarik Wisata Pasar Terapung Banjarmasin

Daya Tarik Wisata Pasar Terapung Banjarmasin

Kota seribu sungai itulah sebutannya untuk ibu kota dari provinsi kalimantan selatan ini yakni Banjarmasin. Banjarmasin mempunyai beraneka ragam keindahan wisata, baik wisata alam, edukasi dan budayanya. Namun dari sekian banyak destinasi wisatanya yang sungguh ‘aduhai’ mungkin wisata Pasar Terapung lah yang menjadi juaranya.

pasar-terapung-kalimantan-selatan

Keramaian pasar apung banjarmasin. Pic: google.co.id

Kok Pasar Terapung? Apa sih daya tarik Pasar Terapung sehingga begitu sangat populer di Banjarmasin? Sama halnya dengan pasar lainnya yakni melibatkan antara penjual dan pembeli, perbadaannya mungkin karena pedagang di pasar ini menawarkan barang dagangannya menggunakan jukung (perahu khas Banjar) dan begitu pula bagi pembelinya juga harus menggunakan jukung untuk membelinya. Dan barang yang dijual hanya meliputi sayur-sayuran, buah-buahan, lauk pauk dan wadai (makanan kecil khas anjar). Bagaimana unik kan?

Seru ya, tertarik nih mau nyoba tapi dimana ya lokasi tepatnya?

Pasar Terapung sering dijumpai di kawasan muara sungai Martapura – Barito. Aktivitasnya dimulai dari pukul 03.30 WITA sampai matahari mulai terbit sekitar 06.30 Wita. Menikmati suasana Pasar Terapung tentu merupakan pengalam berbeda bagi wisatawan yang datang ke Banjarmasin. Untuk lebih merasakan keunikan pasar tradisonal khas Banjarmasin ini wisatawan dapat menikmati sarapan pagi di atas  Pasar Terapung, di sana tersedia kuliner khas Banjarmasin seperti soto banjar, lontong orari dan ketupat kandangan. Caranya kita cukup mendekati warung terapung tersebut, yang jelas warungnya tetap di atas jukung namun jukung yang digunakan lebih besar. Dan setelah dekat kita cukup pesan makanan yang kita inginkan dari jukung kita, jika makanan nya tersedia, segera naik ke warung jukung, dan jukung kita akan diparkir di sebelahnya. Seru ya. Memang seru!

Akses Menuju Pasar Terapung

Untuk mencapai tempat wisata andalan di Banjarmasin ini tergolong cukup mudah karena lokasinya yang berada dekat dengan jantung kota Banjarmasin. Apabila Anda berasal dari luar kota, Anda bisa transit di bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Kalimantan Selatan, Selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan ke kawasan Pasar Terapung dengan menggunakan sarana transportasi umum dengan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit.

Tips Berwisata Di Pasar Terapung

Agar sensasi wisata Anda di Pasar Terapung ini semakin seru, ada baiknya untuk memperhatikan tips berwisata berikut ini.

Jangan Terlalu Kesiangan

Pedagang yang menjajakan barang dagangan di Pasar Terapung ini ramai pada jam  03.30 pagi  sampai pukul 06.30 pagi, jadi Anda harus mempersiapkan perlengkapan dimalam hari seperti kamera dan perlengkapan pendukung lain nya.

Perhatikan Barang Bawaan

Menikmati suasana wisata yang satu ini memang sangat langka dan menyenangkan tentunya, akan tetapi jangan sampai Anda lupa dalam memperhatikan barang bawaan Anda, karena pasar ini sangat ramai oleh penjual dan pembeli serta pengunjung lainnya. Jadi untuk menghindari hal yang tidak Anda inginkan sebaiknya jaga barang bawaan Anda dengan baik khususnya barang berharga seperti dompet, dandphone dan damera.

Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Tips yang satu ini berlaku untuk semua tempat wisata yakni Menjaga kebersihan di area wisata. Dan untuk di Pasar Terpung tentunya jangan membuang sampah di sungai.

Baca juga : 3 Wisata Air Terkeren di Indonesia

Itulah ulasan singkat tentang daya tarik wisata Pasar Terapung yang begitu terkenal di Banjarmasin yang tentu menarik untuk dikunjungi. Happy Travelling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*