Home » Yogyakarta » Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jogja – Indonesia menjadi negara dengan potensi wisata yang melimpah didalamnya. Terdapat berbagai kota yang bisa anda jadikan sebagai tujuan utama ketika anda ingin berwisata, baik dengan keluarga atau hanya sendiri. Salah satu kota yang bisa anda masukkan kedalam list anda adalah Jogja. Jogja menjadi salah satu kota tempat kunjungan wisata yang banyak menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal tersebut dikarenakan begitu banyaknya tempat wisata di Jogja yang memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri. Jogja sendiri bisa dikatakan seagai kota dengan tujuan wisata terlengkap. Anda dapat menemukan berbagai tujuan wisata yang anda kehendaki ketika berkunjung ke kota dengan budaya Jawa yang sangat kental tersebut.

Tugu Jogja Tempat Wisata di Yogyakarta

Tugu Jogjakarta sebagai salah satu Tempat Wisata di Yogyakarta

Sebagai salah satu provinsi yang memiliki budaya kerajaan yang kental, Jogja menyajikan wisata budaya yang tidak kalah menarik. Salah satu tempat wisata yang bisa anda kujungi adalah Keraton Jogja. Disana anda dapat menggali berbagai informasi terkait budaya serta sejarah dari kerajaan Mataram yang berpusat di Yogyakarta. Terdapat beberapa bagunan kuno yang bisa anda jadikan sebgai tujuan wisata anda ketika di Jogja. Salah satunya adalah alun-alun selatan yang tepat berada didepan Keraton Jogjakarta Hadiningrat. Alun-alun selatan menjadi tujuan utama bagi mereka yang mencari tempat wisata malam di Jogja. Hal tersebut diakarenakan alun-alun menjadi pusat keramaian di kota dengan makanan khas gudeg tersebut.

Selain Keraton Yogyakarta, anda juga dapat mengunjungi salah satu banguna kuno lainnya seperti Candi Borobudur. Candi Hindu Budha tersebut memiliki keindahan tersendiri sehingga menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Candi dengan pahatan kuno yang terdapat pada sekelilingnya tersebut bahkan sempat masuk kedalam tujuh keajaiban dunia bersanding dengan tembok besar China. Candi Borobudur sendiri berada di Magelang yang bisa anda capai dengan menggunakan berbagai kendaraan umum yang ada disana. Selain Candi Borobudur, Jogja juga memiliki candi lain yang saying jika anda lewatkan. Candi tersebut adalah Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu terindah di Asia Tenggara berlokasi di daerah Sleman Yogyakarta.

Kecantikan Stupa Candi Borobudur

Kecantikan Stupa Candi Borobudur

Selain candi, anda bisa mengunjungi berbagai wisata sejarah lain di Jogja. Anda dapat mengunjungi bangunan bersejarah seperti Taman Sari. Bangunan tersebut terletak disekitaran Keraton Yogyakarta. Taman Sari sendiri merupakan tempat pemandian para selir raja pada jaman dahulu kala yang kini beralih fungsi menjadi tujuan wisata yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Disana anda akan mendapati bangunan dengan relief yang sangat indah. Luas bangunan ini sangat luas mencapai permukiman warga. Ditengah bangunan tersebut terdapat kolam pemandian yang luas dengan berbagai ornament jawa disekitarnya. Sebagai salah satu tempat wisata di Jogja yang sarat akan sejarah, bangunan tersebut mendapat perhatian khusus dari pemerintah kota Yogyakarta guna menajaga salah satu warisan budaya bangsa.

Selain wisata budaya, Jogja juga memiliki berbagai tujuan bagi anda yang ingin menikmati alam. Salah satunya adalah Merapi. Merapi yang kini tengah menunjukkan aktifitasnya tersebut memiliki potensi wisata yang sangat indah. Salah satunya adalah kali mati yang terdapat di kaki gunung Merapi. Kali Mati merupakan sebuah sungai yang dipenuhi oleh bebatuan serta pasir sisa dari letudan gunung Merapi. Sebagai salah satu tempat wisata alam di Jogja, Merapi sangat dipelihara oleh rakyat Jogja sendiri. Bahkan terdapat juru kunci yang siap menjaga serta memberi informasi terkait keadaan gunung tersebut. Salah satu juru kunci Merapi yang banyak kita kenal adalah mbah Marijan.

Pantai Parangtritis
Dua tempat berikutnya merupakan tujuan wisata yang sangat identik dengan Jogja. Yang pertama adalah pantai Parangtritis yang berada di Kabupaten Bantul. Tempat wisata di Jogja pantai tersebut berhadapan langsung dengan Samudra Hindia sehingga memiliki ombak yang tergolong besar. Maka dari itu anda harus hati-hati ketika berenang di Pantai Parangtritis. Tempat wisata lainnya yang identik dengan Jogja adalah Malioboro. Tempat ini sejatinya adalah nama jalan yang terdapat tepat didepan stasiun Tugu. Tempat ini merupakan tempat yang tepat bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Jogja seperti Batik, Bakpia, ataupun pernak-pernik lain khas Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*