Home » Yogyakarta » Keindahan Candi Prambanan, Objek Wisata Candi di Jogja

Keindahan Candi Prambanan, Objek Wisata Candi di Jogja

Candi Prambanan Yogyakarta – Indonesia terkenal dengan negara yang memiliki banyak peninggalan sejarah, salah satunya adalah candi. Hal tersebut tidak lepas dari kepercayaan Hindu Buddha yang dulunya adalah jadi diri bangsa Indonesia. Salah satu kota yang memiliki banyak candi adalah Jogja. Jogja merupakan suatu tempat yang menyimpan kekayaan budaya yang tercermin dari banyaknya candi yang bisa Anda temukan di berbagai sudut kota Jogja. Prambanan adalah salah satu candi yang memiliki bangunan dan sejarah yang sangat menarik untuk diteliti. Prambanan menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang banyak di kunjungi oleh para pengunjung, baik dari wisatawan lokal maupun turis mancanegata. Prambanan menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan.

Sunset Candri Prambanan

Pemandangan Sunset Yang Indah di Candi Prambanan Jogja

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata di Jogja dan merupakan kelompok candi yang dibangun oleh raja-raja pada masa dinasti Sanjaya pada abad ke IX dan merupakan candi tertinggi di Indonesia dan menjadi salah satu candi terindah di kawasan Asia Tenggara. Candi Prambanan adalah candi Hindu yang mempunyai ketinggian 47 meter. Candi Prambanan ini terkenal karena dikenalkan kepada dunia oleh seorang Belanda bernama C.A. Lons yang mengunjungi tanah Jawa pada tahun 1733 dan melaporkan adanya candi yang merupakan bangunan tertinggi di Indonesia saat itu. Candi Prambanan menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi.

Pada abad ke 9, candi ini dibangun untuk ditujukan kepada Trimurti yakni tiga dewa utama bagi agama Hindu yaitu, Brahma sebagai dewa pencipta, Siwa sebagai Dewa Pemusnah, dan Dewa Wishnu sebagai Dewa Pemelihara. Hal yang membuat dari Candi Prambanan menjadi tempat wisata di Joga yang wajib dikunjungi adalah sejarah terbentuknya candi ini. Zaman dahulu ada seorang yang bernama Bandung Bondowoso yang ingin melamar Roro Jonggrang dan si putri memberikan syarat yang sangat sulit yaitu Bandung Bondowoso harus membangun 1000 candi untuk tempat resepsi pernikahan si Roro Jonggrang. Namun, Bandung Bondowoso hanya sanggup membangun 999 candi dan akhirnya Bandung Bondowoso gagal dan akhirnya mengamuk. Itulah sejarah terbentuknya Candi Prambanan yang menjadi salah satu tempat wisata di Jogja.

Kesejukan Candi Prambanan

Suasana di Tempat Wisata Terindah di Jogja Yaitu Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi yang memiliki 1000 pesona keindahan lantaran dikaitkan dengan Roro Jonggrang yang memiliki kecantikan luar biasa. Candi Prambanan terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga adapula yang mengatakan bahwa letak candi Prambanan di Jawa Tengah. Letak Candi Prambanan terletak di sekitar 20 km dari Kota Jogja yang masih masuk Wilayah Kabupaten Sleman dan Klaten di Jogja. Candi yang termasuk warisan dunia ini dibangun sekitar tahun 850 masehi dan berita itu tercatat menurut Prasasti Siwagrha. Tempat wisata di Jogja yang satu ini memang tidak boleh dilewatkan dan memamng menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi oleh para pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*