Home » Jawa Tengah » Keindahan Candi Borobudur Sebagai Candi Buddha Terbesar di Dunia

Keindahan Candi Borobudur Sebagai Candi Buddha Terbesar di Dunia

Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah – Jogja memang menyimpan banyak sekali kekayaan budaya yang sanggup dipelihara dengan baik. Jogja terkenal dengan budayanya yang sangat kental. Tempat wisata di Jogja tak hanya menawarkan keindahan alam yang mengagumkan tetapi juga banyak sekali bangunan bangunan yang memiliki nilai sejarah yang besar. Candi Borobudur adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang wajb dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun turis mancanegara. Bangunan ini merupakan bangunan candi dengan ukuran terbesar di dunia sekaligus menjadi monument Buddha terbesar di dunia. Di candi Borobudur terdapat banyak sekali stupa yang berukuran besar dan para pengunjung bisa memutari semua bangunan candi ini dengan waktu setidaknya 3 jam. Candi Borobudur terkenal dengan keindahan dan kemegahanya.
Kecantikan Stupa Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi dengan bentuk stupa dan didirikan oleh penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800 mesehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Candi Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monument Buddha terbesar di dunia. Ini yang membuat Borobudur menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib di kunjungi oleh para pengunjung. Selain bisa berlibur, para pengunjung juga bisa belajar mengenai sejarah dari Candi Borobudur. Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2,672 relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Salah satu tempat wisata di Jogja ini menyimpan banyak sekali ukiran yang menarik untuk dipelajari.

Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Candi Buda Terbesar adalah Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Menurut bukti-bukti sejarah, Candi Borobudur di tinggalkan pada abad ke 14 seiring dengan melemahnya pengaruh kerajaan Hindu Buddha di jawa serta mulai banyaknya masuknya Kerajaan Islam, khususnya di Pulau jawa. Dunia mulai menyadari keberadaan Candi Borobudur sejak di temukan 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles yang menjabat sebagai Gubernur Jendral Inggris atas Jawa. UNESCO mulai mempertimbangkan keberadaan Candi Borobudur dan membuat bangunan ini menjadi sebagai salah satu tempat wisata alam di Jogja yang wajib di kunjungi. Salah satu tempat wisata di Jogja ini banyak menyimpan sejarah yang unik dan membuat namanya terkenal hingga keseluruh dunia.

Candi Borobudur menyimpan banyak sekali kenangan bagi para pengunjungnya. Di dalam tempat wisata di Jogja ini banyak terdapat orang yang menjual pigura foto yang dilengkapi dengan foto dengan sekali jadi untuk mengabadikan foto. Biaya untuk sekali fotonya berkisar antara 15.000 hingga 25.000. Berbagai kaos dan souvenir menarik juga disediakan di Candi Borobudur ini sebagai oleh-oleh. Umumnya,pengunjung datang ke Candi Borobudur pada pagi hari agar bisa menikmati sunrise dari puncak Candi Borobudur. Namun, hal ini sangatlah langka karena gerbang Candi Borobudur baru dibuka pada jam 7.00. Untuk bisa menikmati matahari terbit, para pengunjung harus punya izin khusus ke admistrasi agar bisa menikmati matahari terbit di puncak Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi oleh semua orang yang menginginkan belajar dan rekreasi.
Candi Borobudur di Malam Hari

Suasana Malam Candi Borobudur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*