Home » Bali » Berlibur Ke Bali? Ini Dia 3 Event yang Wajib Kamu Saksikan Di Bali

Berlibur Ke Bali? Ini Dia 3 Event yang Wajib Kamu Saksikan Di Bali

Berlibur Ke Bali? Ini Dia 3 Event yang Wajib Kamu Saksikan Di Bali

tradisi mekepung

Bali memiliki beraneka ragam event yang akan memberikan corak tersendiri untuk wisatawan

Event Bali – Bali Ini kurang apa coba, di Bali Anda dapat menyaksikan beragam wisata bak surga. Seperti wisata edukasi, wisata air dan wisata budaya. Jika berbicara mengenai budaya, maka Bali punya banyak sekali budaya yang menarik untuk dipelajari. Budaya ini umumnya dipamerkan kepada pengunjung melalui sejumlah event. Event apa saja kah itu? Berikut ulasannya.

Event-event Populer di Bali

  1. Sunset Run

Event yang diselenggarakan warga Bali yang pertama yang wajib Anda saksikan adalah Sunset Run. Dari namanya sendiri, sunset run merupakan acara yang mengharuskan pesertanya untuk lari menyusuri Pantai Seminyak sejauh 3 kilometer. Jadi,  jika Anda biasanya hanya menikmati sunset di pinggir pantai sambil berbaring di bawah payung, maka dengan mengikuti event sunset run ini Anda akan merasakan sensasi berbeda dalam menikmati sunset.

 

  1. Perang Tipat Bantal

Event Bali yang wajib untuk Anda saksikan seanjutnya adalah Perang Tipat Bantal. Perang Tipat Bantal merupakan tradisi tahunan yang dilakuakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, biasanya perang tipat bantal diadakan setiap bulan oktober. Nah  untuk Anda yang tertarik dan ingin menyaksikannya event yang satu ini, pastikan Anda harus berada di Bali tepat Pada bulan oktober.

Para Peserta Perang Tipat Bantal akan membuat 2 kubu yang berdiri saling berhadapan. Para peserta diwajibkan untuk melepas baju mereka alias telanjang dada, lalu dihadapan mereka telah tersedia tipat (ketupat) dan juga bantal (jajanan khas bali). Setelah itu, ketika aba aba perang telah diserukan para peserta Perang Tipat Bantal diperbolehkan memulai melempar tipat dan bantal itu pada kubu yang ada di depan mereka.   Suasana hiruk pikuk pun akan mulai terasa ketika tipat dan bantal mulai berterbangan di udara.

Lalu jika dirasa sudah cukup, Perang Tipat Bantal dihentikan sementara. Setelah beberapa saaat Perang Tipat Bantal akan dilanjutkan kembali di jalan raya yang tak lain di depan pura, sama halnya seperti tadi, para peserta Perang Tipat Bantal akan membentuk dua formasi dan kembalilah Perang Tipat Bantal dimulai, kali ini suasananya lebih seru karena para pesertanya diperbolehkan melempar tipat bantalnya dengan membabi buta sambil diiringi dengan teriakan dan sorakkan.

  1. Makepung

Event selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Bali adalah event Makepung. Secara sederhana, Makepung merupakan tradisi lomba pacu kerbau yang biasanya dilakukan oleh sekumpulan para pertani di sela-sela kegiatan membajak sawah mereka. Lomba ini telah berkembang pesat dan diadakan sebanyak sepuluh kali setiap tahunnya.

Itulah 3 buah event di Bali yang sangat sayang jika dilewatkan. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga perlu mengenal budayanya, dengan begitu selain kesenangan yang didapat pembelajaran pun akan didapat pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*