Home » Jawa Barat » Bogor » Arboretum Bogor, Tempat Wisata di Bogor Sekaligus Paru-paru Dunia

Arboretum Bogor, Tempat Wisata di Bogor Sekaligus Paru-paru Dunia

Arboretum Bogor Botanic Gardens
Arboretum Bogor – Indonesia dikenal sebagai salah satu paru-paru dunia. Hal tersebut dikarenakan begitu banyaknya hutan hijau yang terhampar luas di negara yang merdeka sejak tahun 1945 tersebut. Hutan yang terhampar luas tersebut berhasil menyumbangkan jutaan oksigen bagi semua makhluk yang hidup di dunia. Dengan fungsinya yang sangat fital, tak heran jika pemerintah Indonesia begitu peduli dengan kelangsungan hidup hutan yang ada. Salah satu langkah yang siambil oleh pemerintah Bogor untuk menjaga kelestarian hutannya adalah dengan mendirikan Arboretum Bogor. Selain tempat pengembangbiakan berbagai jenis tanaman, tempat tersebut juga digunakan sebagai tempat wisata di Bogor yang banyak dikunjungi baik mereka yang berdomisili di Bogor maupun dari kota lain.

Pendirian Arboretum di Bogor sendiri pada awalnya bertujuan sebagai tempat penanaman serta penelitian berbagai macam pohon. Hal tersebut dimulai pada tahun 1922 oleh seorang tuan tanah asal Belanda. Namun hal tersebut mulai bergeser menjadi tempat wisata di Bogor yang murah. Dengan pemandangan yang asri serta udara yang sejuk tak heran jika setiap harinya tempat tersebut dipadati oleh mereka yang ingin berwisata serta belajar lebih banyak mengenai berbagai jenis pohon yang ada disana. Arboretum Bogor sendiri pada awalnya ditanami dengan berbagai jenis buah-buahan seperti Durian, Rambutan, Menteng, serta Dukuh. Dan kemudian ditambahi dengan berbagai pohon besar seperti Mahoni, Meranti Merah dan Kuning, Kenari, Rasmala, Ulin, dan masih banyak lainnya.

Selain untuk produksi oksigen, Arboretum juga dimanfaatkan sebagai salah satu pemasukan bagi pendapatan daerah. Arboretum sendiri menjadi salah satu daftar tempat wisata di Bogor dan sekitarnya yang wajib anda kunjungi ketika ke kota tersebut. Anda dapat mengenal lebih jauh mengenai berbagai tanaman serta fungsinya. hal tersebut disebabkan Arboretum Bogor tidak hanya menanam tanaman yang berasal dari Bogor dan juga Indonesia. Tercatat mereka juga memperbanyak koleksii tanaman mereka dengan berbagai tanaman hutan tropis dari berbagai penjuru negara seperti Amazon. Tempat pengembangbiakan pohon tersebut memiliki luas 5 ha dan dibagi menjadi 27 blok. Terdapat 234 jenis pohon dalam 136 genus atau setara dengan 50 family. Disana tercatat terdapat 167 jenis pohon asli Indonesisa serta 67 berasal dari berbagai hutan tropis darin penjuru dunia.
Arboretum Jungle Bogor

Arboretum Bogor sendiri terletak 3 km dari barat kota Bogor. Arboretum tersebut berbatasan dengan sungai Cisadane pada bagian timur, serta berbatasan langsung dengan jalan RE Abdullah pada bagian barat. Pada bagian utara, Arboretum Bogor bersebelahan dengan jalan raya Bogor-Jainga serta bersebelahan dengan jalan Pasir Kuda pada bagian selatannya. Bogor memang menjadi tempat tujuan favorit bagi kebanyakan orang terutama mereka yang tinggal di Jakarta. Hawa dingin serta sejuk yang ada menjadi alasan utama begitu banyaknya pendatang yang memilih Bogor sebagai tujuan berakhir pekan mereka. Daerah puncak menjadi tujuan utama mengingat disan menjadi pusat berbagai tempat wisata kuliner di Bogor dengan berbagai makanan khas kota hujan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*