Home » NTT » Flores » Alam dan Segala Keindahan Desa Ngada Benjawa

Alam dan Segala Keindahan Desa Ngada Benjawa

Bertandang ke pulau flores sangat disayangkan apabila Anda tidak berkeliling melihat keindahan alam dan budaya di sana. Salah satu kabupaten kaya akan objek wisata terindah ialah kabupaten Ngada di ibu kota Bajawa. Berikut ini kami akan memberikan wawasan mengenai tempat Wisata Ngada Bajawa yang indah. Pertama, ialah kawah Wawomdua. Kawah yang terletak di dusun Ngoranale kelurahan Susu kecamatan Bajawa dan kabupaten Ngada ini terbentuk sejak tahun 2001. Memang masih terbilang anyar karena kawah ini terbentuk saat gunung wawomuda meletus. Untuk mencapai kawah ini, wisatawan harus berkendara sekitar 15 menit dari pos awal dan mendaki dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh 30 menit.

Wisata Budaya Kampung Ngada Flores Nusa Tenggara Timur

pic: http://baltyra.com/

Selanjutnya tempat terindah di kabupaten Ngada ialah Air Panas Meneruda. Selain pemandangan yang begitu asri, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandian air panas yang berasal langsung dari sumber alami. Selain baik untuk kesehatan, pemandian air panas ini juga disebut-sebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Tak berhenti sampai disitu, Wisata Ngada Bajawa juga masih memiliki pesona alam yang lain yaitu Air Terjun Ogi, yang mana air terjun ini sangat mudah untuk dikunjungi karena lokasinya yang berdekatan dengan Bajawa. Disana Anda akan melihat pemandangan air terjun dengan ketinggian 30 meter yang dikelilingi pepohan hijau yang membuat suasana semakin sejuk dan asri.

Beralih dari wisata alam, objek wisata terindah juga dimiliki kampung Bena. Kampung yang sangat elok ini sudah ada sejak zaman purba kala yaitu sejak zaman batu megalitikum. Selain arsitektur yang sangat indah, masyarakat disana pun sungguh ramah. Pastinya setiap pengunjung yang mendatangi desa Bena ini akan disambut baik oleh warga desa sekitar. Disana, Anda akan menemui banyak barang pra sejarah yang biasanya hanya Anda pelajari lewat pelajaran sejarah di bangku sekolah. Tidak hanya itu, alat-alat sejarah itu juga masih digunakan hingga sekarang menurut fungsi dan kegunannya.

Setelah bertandang ke empat tempat wisata terindah tersebut, kabupaten Ngada masih memiliki spot wisata yang lebih indah lagi, yaitu Gunung Inerie. Gunung ini merupakan gunung tertingga yang ada di kabupaten Ngada. Puncak gunung Inerie memiliki tinggi 2.245 Mdpl. Jika memang Anda tertarik untuk memuncak gunung tersebut, Anda bisa mengunjungi desa Watumeze yang memiliki jarak kurang lebih 30 menit dari Bajawa. Tidak memakan waktu yang cukup lama untuk bisa sampai di puncak gunung ini, hanya dengan mendaki selama 3 jam, maka Anda sudah bisa melihat pemandangan indah kota Bajawa, Hutan-hutan sekitar pegunungan, dan laut sawu yang biru. Tetapi tetaplah untuk menjadi traveler bermatrabat dengan tidak merusak alam yang sudah  indah ini. Hindari segala perbuatan yang dapat merusak ekosistem yang sudah lama ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*