Home » NTT » Agama Asli Kampung Adat Tarung yang Masih Bertahan Hingga Kini

Agama Asli Kampung Adat Tarung yang Masih Bertahan Hingga Kini

Indonesia memang terkenal sebagai Negara yang memiliki aneka ragam suku dan budaya yang sampai saat ini masih terjaga dengan baik. Kampung-kampung adat yang dulunya masih belum terjamah kini sudah mulai menunjukkan eksistensinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia dengan dibukanya berbagai objek wisata terindah bertema kampung adat. Salah satu kampung adat yang perlu anda kunjungi adalah Kampung Adat Tarung Waikabubak yang terletak di Sumba Barat. Waikubabak sendiri merupakan ibukota dari kabupaten Sumba Barat yang terletak di Lembah dengan populasi  penduduk sekitar 26.423 jiwa. Kota ini sedang dalam masa perkembangannya setelah diposisikan sebagai salah satu destinasi wisata menarik di Indonesia.

Wisata Budaya Kampung Adat Tarung

Pic: http://indonesia.travel/

Ketika anda berkunjung ke Waikubabak, Kampung Adat Tarung memang menjadi salah satu tempat terindah di Nusa Tenggara Timur yang tidak boleh anda lewatkan. Kampung adat ini cukup mudah dijangkau karena terletak cukup dekat dengan pusat kota. Kampung adat ini selain menjadi kampung wisata juga sebagai institusi sosial dan juga keagamaan (Merapu). Inilah salah satu daya tarik yang cukup menarik bagi mereka yang ingin lebih dekat dengan agama Merapu di Sumba dengan berbagai tradisinya yang masih dijaga dengan baik hingga saat ini. Sistem kepercayaan yang oleh masyarakat lain dianggap sebagai mitos atau bahkan tidak banyak yang mengenalnya ini bisa secara langsung anda potret dengan lebih dekat.

Rumah adat Sumba atau yang sering disebut dengan rumah Uma merupakan salah satu bentuk arsitektur tradisional yang masih tersisa hingga di jaman modern ini. Arsitektur rumah yang khas dengan verbakular pencakar langit akan memberikan gambaran yang tidak biasa bagi para pengunjung. Rumah adat Sumba ini memiliki bentuk yang sangat unik dan sangat filosofis. Lebih jelasnya lagi mengenai makna filosofis Rumah Adat Sumba ini bisa anda galu sendiri ketika berkunjung di tempat wisata terindah yang satu ini. Menikmati keindahan budaya di Indonesia belum lengkap rasanya jika anda tidak menyempatkan diri berkunjung di wisata kampung adat Tarung (Waikabukak).

Selain rumah adat Sumba, ada lagi bentuk arsitektur tradisional yang ada di wilayah Tarung ini, yaitu ada bangunan adat yang berfungsi sebagai tempat untuk memelihara ternak kuda, yaitu rumah tinggi bertingkat, dan dibagian kolongnya biasanya digunakan untuk memelihara babi (Uma Jangga), ada lagi rumah adat yang digunakan sebagai tempat ibadah pemujaan Marapu atau rumah pemujaan roh leluhur yang tidak digunakan sebagai tempat tinggal (Uma Ndewa), dan satu lagi rumah besar yang digunakan untuk bermusyarawah (Uma Bokulu). Kekayaan adat dan tradisi di Indonesia ini sayang sekali jika anda lewatkan begitu saja. Selain keindahannya, anda juga dapat sekaligus menambah wawasan tentang adat istiadat penduduk Sumba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*