Home » Aceh » 3 Tempat Wisata Budaya Terpopuler di Indonesia

3 Tempat Wisata Budaya Terpopuler di Indonesia

3 Tempat Wisata Budaya Terpopuler di Indonesia

Wisata Budaya Indonesia – Wisata berbasis budaya adalah sebuah jenis kegiatan parawisata yang menggunakan kebudayaan sebagai objeknya. Indonesia sendiri sebagai negara kepulauan terbesar dunia, memiliki beragam etnis dan suku bangsa, bahasa  dengan semua adat istiadat dan kebudayaan yang memiliki keunikan masing-masing disetiap wilayahnya.  Beberapa tempat wisata budaya Indonesia populer dengan gaya arsitektur bangunan dari seni ukir, seni patung dan relief-relief yang begitu memukau.

Terdapat banyak sekali tempat wisata budaya yang dapat dikunjungi di Indonesia, namun dari sekian banyak wisata budaya yang ada, berikut 3 diantaranya tempat wisata budaya terpopuler di Indonesia.

Wisata Budaya Terpopuler di Indonesia

  1. Candi Borobudur
Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Magelang Jawa tengah

Tak ada satu pun warga Negara Indonesia yang tak kenal wisata budaya yang satu ini. Borobudur merupakan sebuah candi Buddha dan monumen Buddha terbesar di dunia. Candi ini tepatnya berada di Desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi berbentuk stupa ini dibangun oleh para penganut Agama Buddha Mahayana sekitar abad ke-8 masehi.

Berkat teknik arsitektur dan estetika seni rupa Buddha yang sangat menajubkan ini, maka Borobudur menjadi salah satu Situs Warisan Dunia Unesco.

Di candi Borobodur Anda dapat menyaksikan lanjutan unsur lokal susunan megalitik punden berundak atau piramida bertingkat yang ditemukan dari periode Prasejarah Indonesia. Candi Borobudur juga masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan terutama dalam memperingati hari Trisuci, Waisak.

  1. Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman adalah merupakan salah satu karya agung yang sangat indah

Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 H atau 1612 M. Bangunan indah nan megah megah mirip Taj Mahal di India ini berada tepat dijantung kota Aceh dan menjadi titik pusat dari segala kegiatan di Aceh Darussalam.

Sebagai tempat sejarah yang mempunyai nilai histori tinggi, saat ini Masjid Raya Baiturrahman juga dijadikan sebagai tempat wisata budaya kota Aceh yang mampu membuat para wisatawan yang berkunjung terkagum-kagum akan sejarah dan keindahan arsitekturnya.

  1. Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi peninggalan kerajaan hindu yang sampai sekarang masih dijaga kelestariannya

Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang dibangun pada tahun ke-9 masehi dan terleteak di Kota Sleman Kecamatan Prambanan, Klaten atau sekitar 17 kilometer timur laut dari kota Yogyakarta.

Candi Prambanan juga merupakan Candi Hindu terbesar di indonesia sekaligus menjadi candi terindah di Asia Tenggara. Candi Prambanan ini pun juga termasuk dalam situs warisan dunia Unesco. Nilai plus yang melekat pada candi ini menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata budaya terpopuler di Indonesia.

Itulah 3 tempat wisata budaya terpopuler di Indonesia. Budaya Indonesia tentu tidak akan habis sampai di sini saja. Semakin menuanya waktu, semakin besar dan megah Indonesia dengan aneka budayanya yang patut untuk dibanggakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*