Home » Jawa Tengah » 3 Daya Tarik Candi Borobudur Yang Paling Memukau

3 Daya Tarik Candi Borobudur Yang Paling Memukau

3 Daya Tarik Candi Borobudur Yang Paling Memukau

Candi Borobudur

Sebagai salah satu keajaiban dunia dan diakui sebagai karya agung, Candi Borobudur selalu menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai belahan dunia

Wisata Candi Borobudur Candi yang dinobatkan UNESCO sebagai salah satu warisan dunia pada tahun 1991 ini merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia, bahkan terbesar dunia. Selain menjadi cagar budaya dunia, Candi Borobudur juga menjadi salah satu tempat wisata yang menarik banyak perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara.

Daya Tarik Candi Borobudur

  1. Keindahan dan Kemegahan Arsitektur

Daya tarik pertama tentunya karena keindahan dan kemegahan arsitektur candi yang memang tiada duanya. Jika dilihat secara langsung akan terasa sekali besarnya bangunan dan keseluruhan area. Selain itu, banyaknya relief (ukiran dinding) dan stupa juga merupakan daya tarik tersendiri dari candi yang satu ini.

Struktur bangunan Candi Borobudur dibangun dengan menggunakan gaya mandala yang melambangkan konsep alam semesta dalam kepercayaan budha. Candi ini berbentuk kotak dengan 4 pintu masuk dan pusat candi yang berbentuk lingkaran.

Khusus untuk Anda yang menyukai seni sastra dan budaya, candi Borobudur akan memberikan pengalaman sekaligus pembelajaran yang sangat menarik. Anda bisa mengamati panel relief yang tergambar di dinding candi.

Untuk dapat membaca alur cerita dari relief ini, Anda harus berjalan mengitari candi serah putaran jam yaitu dari arah kiri ke kanan. Mulailah dari pintu timur di tingkatan terbawah dan berjalanlah memutar sampai kembali ke pintu awal kemudian naik tangga ke tingkatan selanjutnya. Lakukan cara tersebut terus-menerus sampai tingkatan teratas untuk mendapatkan alur cerita yang utuh. Jika Anda mengalami kesulitan dalam membaca cerita di relief. Tak perlu bingung karena ada jasa pemandu yang siap membantu Anda.

  1. Sunrise Borobudur

.     Daya tarik selanjutnya yang paling banyak diincar wisatawan ialah menikmati Sunrise di candi Borobudur. Berada di atas bukit dengan hamparan tanah yang luas menjadikan momen sunrise di Candi Borobudur terlihat sangat indah. Panorama sunrise di kawasan candi ini sudah banyak diabadikan dan memang indah banget.

Untuk menyaksikan langsung sunrise dari candi borubudur, pengelola memberikan paket untuk wisatawan domestik Rp 162.500 (anak-anak) dan Rp 325.000 (dewasa), sudah termasuk snack dan minuman.

  1. Safari Gajah Borobudur

Safari gajah adalah salah satu aktivitas unik yang bisa Anda lakukan. Sensasi berbeda yang menyenangkan akan segera Anda rasakan ketika mengikuti paket safari gajah. Hanya saja, harga yang dibayar untuk paket safari gajah Borobudur lumayan mahal. Harga mulai dari Rp 250.000 per orang.

Jika hanya menunggang gajah, berfoto, atau memberi makan gajah, harganya masih lumayan terjangkau. Harga mulai dari Rp 50.000 per 10 menit.

Nah itulah beberapa daya tarik Candi Borobudur yang begitu memukau. Selain melakukan beberapa kegiatan di atas, pengunjung juga bisa bersepeda atau menaiki kereta kelinci mengitari area candi, menikmati kuliner dan belanja oleh-oleh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*